Logo hsi
Sepenting Apa Makanan Halal untuk Kehidupan Sehari-hari? 31 October 2023

Sepenting Apa Makanan Halal untuk Kehidupan Sehari-hari?

Makanan halal tercipta tergantung pada proses pembuatan, bahan, dan cara memperolehnya. Allah SWT memerintahkan manusia untuk mengkonsumsi makanan halal. Jadi, yang dianggap haram dalam hukum syariah harus ditinggalkan.

 

Perintah tersebut terkandung dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 168 yang berbunyi “Wahai sekalian manusia, makanlah makanan yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”.

 

Juga terdapat dalam QS. Al Maidah ayat 88 yang berbunyi “Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya”.

 

Apa Itu Makanan Halal?

Makanan halal adalah jenis makanan yang dapat dikonsumsi umat  muslim sesuai syariat Islam. Prinsip ini berdasarkan hukum agama Islam yang menjadikan pedoman terkait jenis makanan dan minuman yang diperbolehkan atau tidak boleh dikonsumsi.

Ini tentunya harus sesuai dengan standar tertentu, misalnya bahan yang digunakan, sistem pengolahan, dan penyajiannya. Selain itu, terdapat persyaratan-persyaratan tertentu agar makanan terbebas dari bahan yang dianggap haram atau dilarang syariat Islam.

Tips Memilih Makanan Halal

1. Cek Logo Halal

Faktor penting yang tidak boleh dilewatkan nih Syahabat! Kita wajib perhatikan logo halal ketika ingin mengkonsumsi makanan atau minuman pada kemasan maupun rumah makan. Dengan adanya logo tersebut, dapat diartikan telah melalui proses ketat dan memiliki sertifikasi halal resmi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan rasa aman dan percaya diri dalam memilih produk yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

2. Cek Kandungan Bahan Makanan

Jangan lupa juga tetap waspada dan teliti dalam mengecek suatu bahan makanan dan minuman. Pastikan yang ingin kamu konsumsi tidak mengandung bahan haram, seperti Babi, Lard (lemak yang diolah dari lemak babi, Angciu (arak untuk memasak), ataupun Rhum (alkohol yang menjadi bagian dari khamar).

3. Memahami Cara Penyajiannya 

Memahami cara penyajian produk dan restoran atau rumah makan merupakan hal penting dan diperlukan agar semua prosesnya benar-benar teruji halal dan layak untuk dikonsumsi.

4. Cek Restoran/Rumah Makan Halal Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke restoran atau rumah makan, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Syahabat bisa mencari tahu melalui media sosial atau platform lainnya agar tetap bisa mengkonsumsi makanan halal.

Dampak Positif Makanan Halal bagi Kehidupan Sehari-hari

1. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Dengan mengkonsumsi makanan halal, kita secara tidak langsung memperlihatkan ketaatan yang semestinya dilakukan hamba Allah. Untuk itu, bersiaplah mendapatkan ridha Allah SWT setelah mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Karena ketaatan ini dapat membawa kita ke jalan surga, sebab kita terhindar dari makanan yang haram.

2. Mendapatkan Pahala

Dalam Islam, mematuhi kewajiban makan makanan halal merupakan salah satu tindakan yang mendatangkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Tidak lupa juga, akan memperkuat ikatan keagamaan yang mendalam.

3. Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi makanan halal tentunya akan mendapatkan dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Karena pada dasarnya, prinsip ini bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan makan makanan yang sehat dan alami. Seperti yang kita tahu, makanan halal terbuat dari bahan segar, alami. Dan tentunya terbebas dari kontaminasi dan bahan berbahaya yang dapat membantu mencegah risiko kesehatan terkait konsumsi bahan kimia atau zat yang berbahaya.

Di dunia yang terus berkembang ini, kesadaran terhadap pentingnya makanan halal menjadi landasan penguat nilai-nilai agama, kesehatan, dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, sangat disarankan memilih berbagai bahan konsumsi dengan bijak dan teliti agar terus bisa mendapatkan semua dampak positif di atas. 

Nah, Syahabat, untuk mendukung hal baik di atas, pastikan kamu sudah berkonsultasi dan pendampingan percepatan sertifikat halal bersama Halal Syariah Integrasi. Untuk info lebih lanjut, hubungi tim kami di link ini!

Baca juga: Jangan Sepelekan Sertifikasi Halal! Pelaku Usaha Wajib Catat Keutamaannya.

Pelatihan Daring :

Rp 1.6 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 1.8 Jt

Harga Bundling :

Rp 3.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 3.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 2 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 4 Jt

Pelatihan Luring :

Rp 3.5 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3.4 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1 Jt

* Klik untuk melihat detail pelatihan
whatsapp
Hubungi Melalui Whatsapp