Logo hsi
Jangan Sepelekan Sertifikasi Halal! Pelaku Usaha Wajib Catat Keutamaannya 30 October 2023

Jangan Sepelekan Sertifikasi Halal! Pelaku Usaha Wajib Catat Keutamaannya

Sertifikasi halal menjadi tujuan penting bagi seluruh produsen dan pelaku industri untuk memenuhi kepercayaan konsumen yang menganut nilai agama. Bukan hanya itu, sertifikasi ini juga berperan dalam menjaga integritas dan kepercayaan pada industri makanan dan minuman. Yang tentunya sebagai bagian dari upaya kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan.

 

Terlebih, sebagian besar masyarakat Indonesia menganut agama Islam. Maka, produk bersertifikasi halal jadi perhatian utama bagi produk di Indonesia. Hal ini tentunya bersinggungan untuk berbagai jenis produk yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Apa Itu Sertifikasi Halal?

Sertifikasi halal merupakan pernyataan resmi bahwa produk atau layanan telah diproduksi atau disajikan sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Karena faktanya, sertifikasi ini menjamin produk atau layanan tersebut terbebas dari bahan-bahan yang dikatakan haram atau tidak diperbolehkan dalam Islam.

Proses-proses yang dilalui umumnya dilaksanakan lembaga resmi untuk menguji dan menjamin bahwa produk atau layanan tersebut. Yang fungsinya untuk memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan dalam syariat Islam. Selain itu, juga dapat membantu perusahaan untuk jangkau pasar konsumen muslim di seluruh dunia.

Pentingnya Sertifikasi Halal bagi Perusahaan

Nah Syahabat, fungsi sertifikasi halal bagi perusahaan tentunya sangatlah penting. Melalui peran ini, perusahaan mampu menarik perhatian dari sektor pasar yang lebih luas, termasuk konsumen muslim yang mengutamakan konsumsi produk yang sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Untuk detailnya yuk disimak!

1. Memiliki Akses Pasar Global

Dengan adanya label halal, tentunya dapat memberi akses untuk perusahaan ke pasar global. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi perusahaan untuk memperoleh banyak konsumen hingga ke penjuru dunia.

2. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan hal utama yang tidak bisa ditunda. Dengan bekal sertifikasi halal pastinya akan meyakinkan konsumen bahwa produk yang dikonsumsi sesuai dengan syariat Islam. Melalui hal ini tentunya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membentuk loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

3. Kepatuhan Hukum

Melalui adanya label halal, perusahaan secara tidak langsung sudah melaksanakan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Dengan adanya sertifikasi ini, pelaku bisnis pastinya akan terhindar dari sanksi hukum yang berlaku.

Pentingnya Sertifikasi Halal Bagi Konsumen

Konsumen di Indonesia meyakini bahwa produk halal adalah produk yang paling aman dan nyaman untuk dikonsumsi atau digunakan untuk sehari-hari. Dengan begitu, produk bersertifikat halal akan menjamin konsumen lebih percaya diri saat mengkonsumsi produk tersebut.

Dengan memiliki sertifikat halal juga akan memotivasi produsen untuk memasang logo halal pada produknya. Efeknya adalah masyarakat merasa lebih terlindungi dan tidak akan ragu dengan produk yang akan dibeli atau dikonsumsi. 

Kapan Deadline Pelaku Usaha Memiliki Sertifikat Halal?

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengatakan, apabila sampai 17 Oktober 2024 suatu produk belum bersertifikat halal, maka dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tentunya bulan tersebut menjadi deadline maksimal seluruh pelaku usaha mengantongi sertifikat halal. Jadi, bagi Syahabat yang memiliki usaha makanan dan minuman, disarankan tidak lagi menunda untuk mengurus kepemilikan sertifikasi ini.

Untuk Syahabat yang ingin konsultasi dan pendampingan percepatan sertifikasi halal, bisa langsung hubungi tim HSI. Segera daftar sekarang sebelum mendekati tenggat waktu yang telah ditetapkan!

 

Pelatihan Daring :

Rp 1.6 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 1.8 Jt

Harga Bundling :

Rp 3.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 3.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 2 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 4 Jt

Pelatihan Luring :

Rp 3.5 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3.4 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1 Jt

* Klik untuk melihat detail pelatihan
whatsapp
Hubungi Melalui Whatsapp