Logo hsi
Warung Pecel Lele Wajib Sertifikasi Halal? 27 February 2024

Warung Pecel Lele Wajib Sertifikasi Halal?

Sertifikasi halal menjadi topik hangat di Indonesia, terutama setelah kewajiban bagi produk makanan dan minuman (pangan olahan) diberlakukan mulai 17 Oktober 2024. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi para pelaku usaha kuliner, termasuk warung pecel lele. Apakah warung pecel lele wajib bersertifikat halal?

sertifkasi halal warung pecel lele

Kewajiban Sertifikat Halal untuk Warung Pecel Lele

Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) menyebutkan bahwa semua produk makanan dan minuman yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal, termasuk yang dijual di warung makan, seperti warung pecel lele. Artinya, warung pecel lele wajib memiliki sertifikasi ini saat 17 Oktober 2024.

Kewajiban ini berlaku untuk semua jenis warung pecel lele, baik yang skala kecil maupun besar. Juga yang memiliki tempat permanen maupun kaki lima. Bagi warung pecel lele yang wajib memiliki sertifikasi halal, terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan, di antaranya bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas pangsa pasar, meningkatkan daya saing. Serta tidak lupa dapat meningkatkan brand image dan yang terakhir tentunya dengan bersertifikat halal kamu sudah memenuhi kewajiban dari pemerintah.

Sanksi bagi Warung Pecel Lele yang Tidak Memiliki Sertifikasi Halal

Pelaku usaha yang tidak memiliki sertifikasi halal setelah tanggal 17 Oktober 2024 terancam sanksi. Pertama, peringatan tertulis akan diberikan untuk segera mengurus sertifikasi ini. Jika masih melanggar, denda administratif akan diberlakukan. Sanksi terberat adalah pencabutan izin usaha bagi pelaku usaha yang tetap tidak mengurus sertifikasi ini setelah dikenakan denda. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik warung pecel lele untuk segera mengurus sertifikasi ini agar terhindar dari sanksi.

Proses sertifikasi halal mungkin terasa rumit bagi sebagian pemilik warung pecel lele. Namun, tidak perlu khawatir! Halal Syariah Integrasi (HSI) hadir sebagai solusi untuk membantumu mengurus sertifikasi ini dengan mudah dan efisien.

HSI adalah lembaga pendamping proses sertifikasi halal yang berpengalaman dan terpercaya. Kami telah membantu banyak pelaku usaha, termasuk warung makan, dalam mendapatkan sertifikasi dengan mudah dan cepat.

Jangan ragu untuk bermitra dengan HSI untuk mendapatkan sertifikasi halal dengan mudah dan efisien. Hubungi HSI sekarang dan dapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan sertifikasi usaha warung pecel lelemu! Hubungi kami sekarang supaya tidak dikenakan denda dan sanksi yang berlaku karena belum mengantongi sertifikat halal!

Informasi Kontak HSI:

  • Telepon: +6221 5011 1319.

  • Sales Representative: +62 878 5297 8888.

Baca juga: Halal Lifestyle Mendunia, Peluang Karir Baru Terbuka Lebar!

Pelatihan Daring :

Rp 1.6 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 1.8 Jt

Harga Bundling :

Rp 3.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 3.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 2 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 4 Jt

Pelatihan Luring :

Rp 3.5 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3.4 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1 Jt

* Klik untuk melihat detail pelatihan
whatsapp
Hubungi Melalui Whatsapp