Logo hsi
Cek Sertifikat Halal pada Restoran Apakah Penting? 14 November 2023

Cek Sertifikat Halal pada Restoran Apakah Penting?

Ketika memilih tempat untuk makan, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti harga, rasa, dan suasana. Namun, bagi umat muslim, faktor terpenting adalah kehalalan makanan. Oleh karena itu, penting untuk cek sertifikat halal pada restoran sebelum memesan makanan.

Kenapa Harus Makan di Restoran Halal?

1. Kewajiban Agama

Dalam Islam, mengonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah sebuah kewajiban. Hal ini tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 88 yang berbunyi:

"Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah."

Ayat ini menegaskan bahwa umat muslim hanya boleh memakan makanan yang baik dan halal. Makanan yang tidak halal, seperti daging babi dan minuman keras, dilarang untuk dikonsumsi oleh umat muslim.

2. Menjaga Kesehatan

Selain alasan agama, mengonsumsi makanan halal juga penting untuk menjaga kesehatan. Makanan halal adalah makanan yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini karena restoran halal telah menjalani pemeriksaan dan sertifikasi halal oleh lembaga yang berwenang.

Pemeriksaan halal meliputi pemeriksaan bahan baku, proses produksi, hingga penyajian makanan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa makanan yang disajikan di restoran halal memenuhi standar halal yang ditetapkan oleh agama Islam.

3. Menjamin Kenyamanan

Bagi umat muslim, makan di restoran halal akan memberikan kenyamanan dan ketenangan. Mereka tidak perlu khawatir akan mengonsumsi makanan yang tidak halal atau tidak aman untuk dikonsumsi. Selain itu, makan di restoran halal juga dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi sesama umat muslim.

Kenapa Restoran Juga Harus Bersertifikat Halal?

Selain penting bagi umat muslim, sertifikasi halal juga penting bagi restoran. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa restoran juga harus bersertifikat halal:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Sertifikasi halal menunjukkan bahwa restoran telah memenuhi standar halal yang ditetapkan oleh agama Islam. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, terutama pelanggan muslim.

2. Meningkatkan Daya Saing

Dalam era globalisasi yang sedang berlangsung, persaingan bisnis semakin intens. Mendapatkan sertifikasi halal bisa menjadi strategi penting untuk meningkatkan daya saing restoran.

3. Mendapatkan Manfaat Ekonomi

Restoran yang telah bersertifikat halal dapat memperoleh manfaat ekonomi, seperti mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan izin usaha, mudahnya akses ke pasar ekspor, serta meningkatkan penjualan.

Apakah Restoran AYCE yang Bertanda No Pork No Lard, Sudah Pasti Halal?

Syahabat pasti tahu, banyak tanda no pork no lard tercantum di berbagai restoran All You Can Eat (AYCE). Tapi, kira-kira apakah tanda tersebut menandakan menu makanannya sudah halal?

Berdasarkan informasi dari halalmui.org, meskipun sebuah restoran tersebut sudah mengklaim no pork no lard, namun belum tentu secara keseluruhan sudah halal. Seperti yang kita tahu, menu di restoran AYCE berasal dari luar negeri. Besar kemungkinan resep dan bumbu berasal dari negara asal.

Cita rasa masakan Jepang identik dengan menggunakan sake dan mirin yang keduanya termasuk dalam golongan khamr. Bahan-bahan tersebut mengandung alkohol yang tinggi. Jadi, dapat dipastikan, meskipun penggunaanya hanya satu tetes saja, maka tetap tidak halal karena khamr termasuk haram.

Langkah-langkah Cek Sertifikat Halal untuk Restoran

Ada beberapa cara untuk cek sertifikat halal untuk restoran, yaitu:

1. Melihat Logo Halal

Logo halal adalah tanda pengenal yang menunjukkan bahwa produk atau jasa telah memenuhi standar halal. Yang digunakan di Indonesia adalah logo halal MUI. Biasanya logo tersebut dicantumkan pada kemasan produk atau tempat usaha yang telah bersertifikat halal.

2. Cek Situs Resmi MUI

Informasi yang dapat diandalkan ada pada situs resmi MUI, di mana konsumen bisa menemukan daftar restoran yang sudah bersertifikat halal.

Langkah-langkah untuk memeriksa sertifikat halal sebuah restoran adalah sebagai berikut:

1. Buka situs resmi MUI di https://halal.go.id/
2. Klik menu "Produk Halal"
3. Masukkan nama restoran atau nomor sertifikat halal di kolom pencarian
4. Klik tombol "Cari".

Nah, itu dia Syahabat detail pembahasan mengenai pentingnya cek sertifikat halal saat makan di restoran. Mulai sekarang, yuk, lebih aware lagi saat memilih tempat makan. Bagi kamu pemilik usaha yang ingin berkonsultasi dan pendampingan sertifikasi halal bersama PT Halal Syariah Integrasi, hubungi tim kami sekarang!

Baca juga: Bukan Tanda Biasa! Alasan Kenapa Label Halal Penting.

Pelatihan Daring :

Rp 1.6 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 1.8 Jt

Harga Bundling :

Rp 3.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 3.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 2 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 4 Jt

Pelatihan Luring :

Rp 3.5 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3.4 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1 Jt

* Klik untuk melihat detail pelatihan
whatsapp
Hubungi Melalui Whatsapp