Logo hsi
Peran Logo Halal dalam Menjamin Keamanan Produk 03 November 2023

Peran Logo Halal dalam Menjamin Keamanan Produk

Logo halal merupakan simbol yang menandakan bahwa suatu produk telah memenuhi standar halal yang ditetapkan dalam ajaran Islam. Adanya logo menandakan bahwa produk tersebut aman dikonsumsi umat Islam karena bahan yang digunakan dan proses pembuatannya mengikuti pedoman syariat Islam.

Juga tentunya memfokuskan kepatuhan terhadap penyembelihan hewan secara higienis, pengolahan makanan dan proses produksi. Fungsinya tidak hanya menjadi pedoman penting dalam memilih produk, tapi juga mewakili jaminan kualitas dan keamanan bagi konsumen.

Peran Logo Halal

Logo halal memainkan peran penting dalam mempromosikan di antara produsen mengenai praktik produksi perusahaan. Dengan adanya hal ini, produsen diwajibkan untuk memenuhi standar ketat di setiap tahap produksi. Termasuk kebersihan fasilitas produksi, penggunaan bahan, dan proses distribusi yang menjamin kualitas produk tetap terjaga hingga ke konsumen.

Manfaat Logo Halal

1. Adanya Rasa Keamanan untuk Konsumen

Konsumen pasti lebih tertarik untuk memilih sebuah produk yang ada logo halalnya dibandingkan produk tanpa keterangan halal. Karena logo tersebutlah yang membuat konsumen lebih aman. 

2. Menjadi Nilai Lebih untuk Penjualan Produk

Adanya logo halal pada suatu produk dapat meningkatkan daya tarik konsumen. Bukan hanya itu, tapi juga sebagai jaminan peningkatan penjualan, karena konsumen cenderung memilih produk bersertifikat halal.

3. Berpeluang Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Logo halal menjadikan peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas, terutama secara global. Dengan bekal ini, pemasaran produk ke luar negeri lebih mudah. Terlebih, kini banyak negara yang mengharuskan logo halal dipajang pada produk impor.

Pengaruh Logo Halal untuk Sebuah Produk

Pengaruh baiknya tentu sangatlah besar. Terutama dalam hal meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan daya saing pasar dan membuka prospek pasar yang lebih luas. Adanya logo ini sudah pasti telah melalui proses sertifikasi yang ketat yang memenuhi standar agama sehingga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk.

Gimana Sih Caranya Mendapatkan Label Halal?

Untuk mendapatkan izin penempatan label halal pada kemasan produk, perlu adanya sertifikasi halal terlebih dahulu. Syahabat bisa lakukan konsultasi dan pendampingan percepatan sertifikasi halal bersama Halal Syariah Integrasi yang dapat dibantu oleh ahlinya.

Buat kamu yang pebisnis tapi belum memiliki sertifikasi halal, yuk, segera daftar agar terhindar dari denda Rp 2 M atau sanksi 5 tahun penjara. Jangan tunggu sampai Oktober 2024, langsung urus dari sekarang dengan menghubungi tim kami di link ini!

Baca juga: Pelaku UMKM juga Wajib Punya Sertifikasi Halal

 

Pelatihan Daring :

Rp 1.6 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 1.8 Jt

Harga Bundling :

Rp 3.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 3.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 2 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 4 Jt

Pelatihan Luring :

Rp 3.5 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp5.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 3.4 Jt

Uji Kompetensi :

Rp 2.5 Jt

Harga Bundling :

Rp 5.4 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1.5 Jt

Pelatihan Daring :

Rp 1 Jt

* Klik untuk melihat detail pelatihan
whatsapp
Hubungi Melalui Whatsapp